Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil murah yang fenomenal karena
mengisi segmen pasar mobil murah di tanah air yang kini hanya di huni oleh
Datsun Go+ Panca. Di ulasan berikut ini mengenai kelebihan dari Toyota Calya.
Harus BBM RON 92 atau lebih
Mesin Calya Toyota harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dimana LCGC harus dirancang untuk meminum BBM dengan nilai oktan diatas RON 92. Saat ini BBM dengan RON dibawah 92 hanya ada 2 jenis mulai dari Pertamina Premium dan Pertalite. Meskipun lebih murah, ia harus anda isi dengan BBM yang lebih mahal.
Mesin Calya Toyota harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dimana LCGC harus dirancang untuk meminum BBM dengan nilai oktan diatas RON 92. Saat ini BBM dengan RON dibawah 92 hanya ada 2 jenis mulai dari Pertamina Premium dan Pertalite. Meskipun lebih murah, ia harus anda isi dengan BBM yang lebih mahal.
Posisi Duduk dan Kursi Pengemudi kurang nyaman
Toyota Calya memiliki kursi yang jauh dari kata nyaman. Pertama ia kurang suportif, head restnya masih menyambung dan terlalu rendah. Posisi duduk tidak dapat ditinggikan begitupula posisi stir dan seatbeltnya. Untuk perjalanan jauh posisi mengemudi seperti ini bisa membuat anda cepat lelah.
Toyota Calya memiliki kursi yang jauh dari kata nyaman. Pertama ia kurang suportif, head restnya masih menyambung dan terlalu rendah. Posisi duduk tidak dapat ditinggikan begitupula posisi stir dan seatbeltnya. Untuk perjalanan jauh posisi mengemudi seperti ini bisa membuat anda cepat lelah.
Interior
Mobil murah identik dengan interior dengan desain dan material yamahang tidak bagus. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk mobil ini. Dipenuhi dengan bahan plastik murah dan tipis, desain seadanya, door trim yang mudah tergores serta beberapa komponen yang goyang ketika ditekan membuatnya illfeel (ya, dashboardnya masih goyang saat ditekan-tekan, revisi untuk artikel sebelumnya). Untung saja built quality dan matching interiornya cukup rapi dibandingkan LCGC sekelasnya. Yah at least sudah ada improvement dibanding Agya sih.
Mobil murah identik dengan interior dengan desain dan material yamahang tidak bagus. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk mobil ini. Dipenuhi dengan bahan plastik murah dan tipis, desain seadanya, door trim yang mudah tergores serta beberapa komponen yang goyang ketika ditekan membuatnya illfeel (ya, dashboardnya masih goyang saat ditekan-tekan, revisi untuk artikel sebelumnya). Untung saja built quality dan matching interiornya cukup rapi dibandingkan LCGC sekelasnya. Yah at least sudah ada improvement dibanding Agya sih.
Mesin Kapasitas Kecil
Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat kami menguji mobil ini di jarak pendek terasa lemot di tarikan bawahnya.
Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat kami menguji mobil ini di jarak pendek terasa lemot di tarikan bawahnya.
Mesin Kapasitas Kecil
Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat kami menguji mobil ini di jarak pendek terasa lemot di tarikan bawahnya.
Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat kami menguji mobil ini di jarak pendek terasa lemot di tarikan bawahnya.
Bodi Tipis
Memiliki bodi tipis merupakan cara singkat untuk membuat mobil ringan dan murah, hal ini terbukti pada LCGC sekelasnya yang menggunakan plat bodi tipis, bahkan mobil 400-500 jutaan pun ada yang bodinya tipis. Sebenarnya bodi tipis belum tentu jelek, karena mobil mobil kekinian mencoba menggunakan high tensile steel yang lebih kuat meskipun tipis, namun untuk mobil murah? Ah sudahlah, jangan terlalu banyak berharap.
Memiliki bodi tipis merupakan cara singkat untuk membuat mobil ringan dan murah, hal ini terbukti pada LCGC sekelasnya yang menggunakan plat bodi tipis, bahkan mobil 400-500 jutaan pun ada yang bodinya tipis. Sebenarnya bodi tipis belum tentu jelek, karena mobil mobil kekinian mencoba menggunakan high tensile steel yang lebih kuat meskipun tipis, namun untuk mobil murah? Ah sudahlah, jangan terlalu banyak berharap.
Tidak ada Corner Sensor
Ada hal yang menarik jika kita membandingkan Calya dan Sigra, Sigra tipe tertinggi memiliki corner sensor di bagian depan agar memudahkan kita saat parkir. Untuk anda yang masih belajar atau belum terbiasa membawa mobil ini paati akan terbantu ketika mengemudi masuk ke gang gang kecil atau parkir.
Ada hal yang menarik jika kita membandingkan Calya dan Sigra, Sigra tipe tertinggi memiliki corner sensor di bagian depan agar memudahkan kita saat parkir. Untuk anda yang masih belajar atau belum terbiasa membawa mobil ini paati akan terbantu ketika mengemudi masuk ke gang gang kecil atau parkir.
Tag :
toyota calya
0 Komentar untuk "7 Kekurangan Toyota Calya"